Minggu, 03 Februari 2019

Pengertian Statistika dan Simbol Sigma


Pengertian Statistika dan Simbol Sigma

    Statistika adalah Suatu ilmu yang mempelajari cara pengumpulan, pengolahan, penyajian dan analisis data serta cara pengambilan kesimpulan secara umum berdasarkan hasil penelitian yang tidak menyeluruh.
    Dalam arti sempit Statistik adalah data ringkasan berbentuk angka (kuantitatif).
Sebagai suatu bidang studi, statistik memiliki dua bagian utama, yaitu:
Statistika Deskriptif adalah ilmu statistika yang mempelajari tentang pengumpulan, pengolahan, dan penyajian data.
Statistika Inferensi (Statistika Induktif) adalah ilmu statistika yang mempelajari tentang cara pengambilan kesimpulan secara menyeluruh (populasi) berdasarkan data sebagian (sampel) dari populasi tersebut.
    Kegunaan Statistika dalam bidang ekonomi yaitu
Bidang produksi
Bidang Akuntansi
Bidang pemasaran





Pengertian statistik adalah 

hasil-hasil pengolahan dan analisis data. Statistik dapat berupa mean, modus, median, dan sebagainya. Statistik dapat digunakan untuk menyatakan kesimpulan data berbentuk bilangan yang disusun dalam bentuk tabel atau diagram yang menggambarkan karakteristik data.

Pengertian stastistika menurut para ahli
·         Marguerrite F. Hall : Statistika merupakan suatu teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data, menganalisa data dan menyimpulkan dan mengadakan penafsiran data yang berbentuk angka. 
·         Anderson & Bancrofi : Statistika adalah ilmu dan seni mengembangkan dan menerapkan metoda yang paling efektif untuk mengumpulkan, mentabulasi, menginterpretasi kan data kuantitatif sedemikian rupa sehingga kemungkinan salah dalam kesimpulan dan estimasi dapat diperkirakan dengan menggunakan penalaran induktif berdeasarkan matematika probabilitas. 
·         Sujana : Statistika ialah Pengetahuan yang berhubungan dengan cara-cara pengumpuam fakta, pengolahan serta penganalisanya, penarikan kesimpulan, penyajian dan publikasi dari datadata yang berbentuk angka. 
·         Sudrajat : Statistika merupakan Ilmu pengetahuan mengenai cara dan aturan dalam hal pengumpulan data, pengolahan, analisa, penarikan keseimpulan, penyajian dan publikasi dari kata-kata yang berbentu angka . 

Fungsi Statistik
fungsi Statistika antara lain:
Fungsi deskriptif 

Fungsi deskriptif statistik adalah fungsi statistik untuk memahami, mendiskripsikan, menerangkan data, peristiwa, yang dikumpulkan dalam suatu penelitian, penyelidikan, dan tidak sampai pada generalisasi atau pengambilan kesimpulan mengenai populasi yang diselidiki.

Fungsi inferensial

Fungsi inferensial statistik adalah fungsi statistik untuk meramalkan dan mengontrol mengenai keseluruhan atau populasi berdasarkan data atau gejala dan peristiwa yang ada dalam suatu penelitian, karena itu bagian ini dimulai dengan adanya ekstimasi, hipotesis.

Tujuan Statistik
Adapun tujuan statistik, yakni:
  • Untuk mendeskriptif dan menerangkan data mengenai populasi yang diselidiki
  • Untuk mengurangi jumlah populasi yang luas pada ukuran yang lebih mudah untuk dipahami
  • Untuk menetapkan pada kondisi bagaimana suatu hipotesis dapat digunakan atau membantu melakukan sesuatu.
  • Untuk menyediakan suatu ekstimasi atau model tentang nilai yang tidak diketahui berdasarkan data yang diselidiki.
  • Untuk menyediakan suatu ekstimasi tentang akibat dari suatu hipotesis yang diterima yang akan digunakan sebagai dasar dalam membuat keputusan yang akan dijalankan.
 Simbol Sigma




Sumber (referensi)







1 komentar:

Kemiringan dan Keruncingan Data

Kemiringan dan Keruncingan Data 1. Kemiringan Distribusi Data Kemiringan adalah derajat atau ukuran dari ketidaksimetrisan suatu distribu...